-->

Tips dan cara dasar belajar bermain gitar bagi pemula


Pernahkah anda memiliki sebuah keinginan yang sangat kuat untuk bisa dan mampu memainkan gitar dengan begitu lihai? Apalagi ingin tampil di depan umum di atas panggung dengan sebuah grup band ataupun tampil solo? Atau meski hanya untuk menjadi pemain gitar rumahan? Tentu hal tersebut tak begitu sulit untuk diwujudkan teman-teman. Anda tinggal membeli sebuah gitar dan bisa langsung belajar otodidak di rumah dengan bantuan googling di internet dan langsung mencoba. Asal ada niat dan usaha kemungkinan akan selalu ada. Tapi apa anda merasakan jari-jari yang terasa sakit saat berusaha menekan senar? Hampir sama seperti saya, 2 tahun lalu saya baru belajar bermain gitar, meski awalnya dari iseng-iseng belajar dengan gitar yang dipinjamkan seorang teman saya yang sudah cukup mahir bermain gitar, sempat mendapat kesulitan di awal terutama saat ingin memindahkan dari chord atau kunci gitar yang satu ke yang lainnya, tapi akhirnya dengan rajin berlatih akhirnya saat ini saya sudah cukup mahir memainkan alat musik petik tersebut.

Nah berikut CATATAN PERJALANAN akan membagikan beberapa tips dan cara memainkan gitar untuk pemula :

1. Belajarlah mulai dari menghafal kunci atau chord-chord dasar 
Dalam bermain gitar kita tau ada yang namanya kunci atau chord gitar yang merupakan hal paling penting yang harus kita tau. Kunci-kunci dasar seperti G A B C D E F merupakan nada-nada dasar yang wajib kita tau sebelum mulai mempelajari chord lainnya.

2. Memindah chord 
Setelah kita hafal beberapa chord dasar, mulailah belajar memindahkan dari satu chord ke chord lainnya dengan sebuah irama, saran saya, cari tau sebuah lagu yang gampang dengn menggunakan chord-chord dasar tersebut, teman-teman bisa googling lagu indonesia dengan chord mudah atau gampang, ataupun teman-teman bisa tanya ke saudara atau siapapun yang sudah mahir bermain gitar. Menurut saya pribadi, tahap ini adalah tahap yang paling membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan, karena bagi yang baru pertama kali belajar bermain gitar tentu jari-jari kita terasa sangat kaku untuk digerakan untuk berpindah dari satu fret ke fret lainnya. Harus rajin berlatih di tahap ini. Saya sampai pernah berhenti berlatih hingga 6 bulan lamanya karena merasa pesimis, sangat sulit awalnya, tapi mungkin bagi sebagian orang tahap ini masih mudah, yah anggap saja mereka memang memiliki bakat dalam bermain gitar hehehe saran saya belajarlah memindahkan minimal empat chord saja bolak-balik karena ini akan membuat teman-teman lebih fokus.

3. Memainkan sebuah lagu dengan chord dasar secara fasih 
Nah setelah teman-teman mampu memainkan dari satu chord ke chord lainnya, teman-teman bisa mencari sebuah lagu dan terus berulang pelajari lagu tersebut, bisa sambil bernyanyi atau kalau mengalami kesulitan bisa sambil menyetel mp3 dari lagu tersebut atau meminta seseorang untuk menyanyikannya, saat mempelajari sebuah lagu yang terpenting adalah ketepatan nada dan tempo, jangan sampai mendahului atau di dahului oleh lagu itu sendiri, harus pas teman-teman, jika kalin sudah menemukan iramanya jangan cepat puas, terus berlatih dengan lagi tersebut hingga teman-teman sangat fasih memainkan lagu tersebut.

4. Mulai belajar chord dan lagu-lagu baru yang lebih sulit 
Baiklah teman-teman setelah kalian mampu melewati tahap nomor 3, selanjutnya akan sangat mudah, teman-teman tinggal googling lagi mencari lagu-lagu yang kira-kira ingin anda mainkan, cari lagu-lagi yang satu level diatas lagu pertama yang kalin pelajari, bila bingung dengan chord-chord baru, teman-teman bisa tanya ke mbah google.

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat, intinya rajin dan tekun berlatih dan jangan pernah menyerah, jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut mengenai artikel ini, kawan-kawan bisa tanyakan di kolom komentar dibawah ini, usahakan pertanyaannya jgn sampai melenceng ya
Sekian dari saya dan terima kasih

0 Response to "Tips dan cara dasar belajar bermain gitar bagi pemula"

Posting Komentar

Kita tidak akan mampu berkembang tanpa bantuan orang lain, silahkan berkomentar untuk membantu saya menyempurnakan konten dari blog ini, namun secara bijak dan sesuai topik bahasan
Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel